Rapat Terbuka Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Dalam Rangka Wisuda Tahun 2019

Sabtu (7/9/2019) —  Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani Payakumbuh) mewisuda 451 lulusan Program Sarjana Terapan, Program Diploma III, dan Program Diploma II, yang dikukuhkan pada Rapat Terbuka Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Dalam Rangka Wisuda tahun 2019, yang diselenggaran pada hari Sabtu (7/09) bertempat Gedung Serba Guna (GSG) Politani Payakumbuh. Rapat Senat dipimpin dan dibuka secara resmi oleh ketua Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Ir. Deni Sorel, M.Si.

Penyelenggaraan wisuda pada tahun 2019 ini adalah merupakan suatu hal yang istimewa karena ada hal yang tidak sama dengan wisuda-wisuda pada tahun sebelumnya. Pada tahun ini Politani Payakumbuh tidak hanya mewisuda lulusan berasal kampusnya sendiri, namun juga mewisuda lulusan berasal dari PDD AK Pidie Jaya. Program Studi Diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas (AK) Pidie Jaya adalah Pendidikan Tinggi Program Diploma II yang berdomisili di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh dan Politani Payakumbuh adalah sebagai Perguruan Tinggi Pembina Rintisan.

Jumlah 451 lulusan tersebut merupakan lulusan Program Sarjana Terapan (D4), lulusan Diploma III (DIII), dan lulusan Diploma II (DII), berasal dari 3 Jurusan, yang terbagi dalam 12 Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

Program Sarjana Terapan (D4) : Jurusan Budi Daya Tanaman Perkebunan dengan Program Studi Pengelolaan Perkebunan sebanyak 46 lulusan wisudawan/ti, Jurusan Budi Daya Tanaman Pangan dengan Program Studi Pengelolaan Agribisnis sebanyak 37 lulusan wisudawan/ti.

Program Diploma III (DIII) : Jurusan Budi Daya Tanaman Perkebunan dengan Program Studi Budi Daya Tanaman Perkebunan sebanyak 38 lulusan wisudawan/ti, Jurusan Budi Daya Tanaman  Pangan dengan Program Studi Budi Daya Tanaman Pangan sebanyak 48 lulusan wisudawan/ti, Program Studi Agribisnis sebanyak 43 lulusan wisudawan/ti, Program Studi Budi Daya Ternak sebanyak 48 lulusan wisudawan/ti, Program Studi Budi Daya Tanaman Hortikultura sebanyak 49 lulusan wisudawan/ti, Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Teknologi Pangan sebanyak 45 lulusan wisudawan/ti, Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian sebanyak 37 lulusan wisudawan/ti, Program Studi Tata Air Pertanian sebanyak 41 lulusan wisudawan/ti.

Program Diploma III (DII) : Jurusan Budi Daya Tanaman  Pangan dengan Program Studi Peternakan sebanyak 12 lulusan wisudawan/ti, Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Teknologi Pangan sebanyak 7 lulusan wisudawan/ti.

Pada Rapat Terbuka Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Dalam Rangka Wisuda tahun 2019, juga dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan dan hadiah atas prestasi yang didapat kepada Wisudawan/ti lulusan terbaik tingkat Program Studi, Program Sarjana Terapan (D4), Diploma III (DIII), dan Diploma II (DII), berikut wisudawan/ti lulusan terbaik :

Lulusan Terbaik Tingkat Program Studi :

  • Melati Pradesa, Program Studi Agribisnis, IPK: 4,00 (Dengan Pujian),
  • Yolla Wahyuni, Program Studi Pengelolaan Perkebunan, IPK: 3,97 (Dengan Pujian)
  • Karisma, Program Studi Budi Daya Tanaman Perkebunan, IPK: 3,97 (Dengan Pujian)
  • Mega Anggara, Program Studi Budi Daya Tanaman Hortikultura, IPK: 3,96 (Dengan Pujian)
  • Alivia, Program Studi Pengelolaan Agribisnis, IPK: 3,95 (Dengan Pujian)
  • Marhamah, Program Studi Teknologi Pangan (AK Pidie Jaya), IPK: 3,95 (Dengan Pujian)
  • Sherlya Devita, Program Studi Budi Daya Tanaman Pangan, IPK: 3,94 (Dengan Pujian)
  • Yuni Mauliza, Program Studi Peternakan (AK Pidie Jaya), IPK: 3,89 (Dengan Pujian)
  • Badris Shoda, Program Studi Budi Daya Ternak, IPK 3,84 (Dengan Pujian)
  • Indah Ayu Lestari, Program Studi Teknologi Pangan, IPK: 3,79 (Dengan Pujian)
  • Fitri Antesa, Program Studi Tata Air Pertanian, IPK: 3,53 (Sangat Memuaskan)
  • Dirga Puja Kesuma, Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian, IPK: 3,48 (Sangat Memuaskan)

 Lulusan Terbaik Tingkat Program Sarjana Terapan, Diploma III, dan Diploma II :

  • Program Sarjana Terapan (D4) : Yolla Wahyuni, Program Studi Pengelolaan Perkebunan, IPK: 3,97 (Dengan Pujian)
  • Program Diploma III (DIII) : Melati Pradesa, Program Studi Agribisnis, IPK: 4,00 (Dengan Pujian)
  • Program Diploma III (DII) : Marhamah, Program Studi Teknologi Pangan (AK Pidie Jaya), IPK: 3,97 (Dengan Pujian)

Direktur Politani Payakumbuh Ir. Elvin Hasman, MP, dalam pidato sambutannya menyampaikan “Kami Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dengan bangga melepas anak-anak kami 451 wisudawan/ti dari Program Sarjana Terapan, Program Diploma Tiga, dan Program Diploma Dua,  untuk mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan, Insha Allah. segenap keluarga besar Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh menyampaikan penghargaan dan meng­ucapkan “Selamat” atas keberhasilan Saudara-saudara Wisudawan/ti dalam menye­lesaikan studi di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Ucapan “Selamat” juga kami sampaikan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu para orang tua dan keluarga para Wisudawan/ti. Wisuda ini adalah bentuk pembuktian kami sebagai lembaga pendidikan untuk mendidik serta mengasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Terapan (S.Tr). Ahli Madya (A.Md) dan Ahli Muda (A.Ma) dan ini juga bentuk tanggung jawab kami kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bermanfaat bagi masyarakat serta memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan bangsa dan negara.  Kami Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh pastinya berharap lulusan yang kami hasilkan sesuai dengan harapan masyarakat, bangsa dan negara.”

“Direktur juga menyampaikan penghargaan yang sudah diraih oleh Politani Payakumbuh yaitu pada tahun ini Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh  menempati rangking 5 dari peringkat 10 Terbaik Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia tahun 2019 dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019, dan berada pada Cluster ke 2 bersama 4 Politeknik lainnya. Pencapaian prestasi terbaik ini tidak akan terlupakan dan akan menjadi catatan sejarah semenjak berdirinya Politani Payakumbuh.”

“Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh juga sedang melaksanakan proses untuk pembukaan Program Alih Jenjang dan Program Master Terapan. Untuk Program Alih Jenjang sendiri InsyaAllah akan dimulai perkuliahan pada Semester Genap 2019/2020, sekitar bulan Februari 2020 dengan 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Pengelolaan Agribisnis dan Program Studi Pengelolaan Perkebunan. Perkuliahan Program Alih Jenjang ini akan di laksanakan dalam 3 Semester. Jadi bagi Saudara/i lulusan Program Diploma Tiga dari semua Pogram Studi mempunyai kesempatan untuk bisa mengikuti seleksi Program Alih Jenjang. Bagi alumni yang sudah bekerja juga mempunyai kesempatan untuk melanjutkan ke Program Alih Jenjang, karena perkuliahan dilaksanakan pada hari Jumát dan Sabtu. Untuk mekanisme dan tata cara pendafataran dan sebagainya terkait program alih jenjang akan diumumkan menyusul.”

Pada Wisuda 2019 ini perwakilan Wisudawan Muharahman Kurniawan dari Program Studi Budi Daya Tanaman Hortikultura, dalam sambutannya “ Menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Bapak/Ibu Tenaga Pendidik (Dosen) yang sudah berperan penting dalam mendidik dan membimbing kami, ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada Tenaga Kependidikan (PLP), karyawan serta seluruh keluarga besar Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Dan ucapan terimakasih tak terhingga kami sampaikan khusus kepada orang tua kami yaitu Ayah dan Ibu, karena dengan perjuangan dan jasa merekalah kami dapat menempuh Pendidikan Tinggi, sahingga sampai saatnya hari ini kami sudah menjadi Wisudawan/ti dan memperoleh gelar kesarjaanan.”

Updated: 08/09/2019 — 01:17
Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi © 2018 Create by TIM-Task Force IT Politani Payakumbuh Frontier Theme